Oleh: Jayan Sentanuhady
Sebelum membaca artikel ini silahkan baca terlebih dahulu artikel Siklus 2-tak Mesin Diesel (part-1) dan artikel tentang pembilasan searah.
Motor bakar yang beroperasi dengan siklus operasi dua langkah digambarkan sebagai berikut :
 
 Pada awal langkah ini udara masuk silinder melalui lubang masuk  pembilasan (port scavenging) yang terdapat di bagian bawah silinder.  Lubang ini akan terbuka saat torak bergerak ke bagian bawah mendekati  TMB dan akan tertutup saat torak bergerak ke atas meninggalkan TMB.
Pada saat lubang pembilasan tertutup oleh torak yang bergerak ke atas  menuju TMA dan katup buang juga tertutup maka dimulailah proses  kompresi. Gerakan torak ke atas akan menyebabkan tekanan udara dalam  silinder meningkat sehingga temperatur udaranya juga naik. Dan beberapa  derajat sebelum torak mencapai TMA bahan bakar mulai disemprotkan  (dikabutkan) dengan injektor kedalam silinder, karena temperatur udara  sangat tinggi sehingga bahan bakar yang dikabutkan tersebut akan  terbakar.
Proses pembakaran ini akan menyebabkan kenaikan tekanan dan  temperatur gas secara drastis, kondisi maksimal akan terjadi beberapa  saat setelah torak mulai bergerak ke bawah. Gas bertekanan tinggi ini  akan mendorong torak bergerak ke bawah dan melalui batang torak akan  memutar poros engkol.
Sumber: Gudangilmu.com
 
 
No comments:
Post a Comment
Silahkan Isi Komentar Sesuai Isi Artikel Ini